TUGAS
ILMIAH
PENDIDIKAN
AGAM ISLAM
TEKNIK
INFORMATIKA
T/A :
2013/2014
SEMESTER –
I
EXTENTION
“ IMAN
& TAUHID DALAM KESEHARIAN”
Disusun
oleh :
1.
Dimas Saputra (43A87006130049)
2.
Muslim (43A87006130051)
3.
Heri Hendrawan (43A87006130053)
Sekolah Tingi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Bani
Saleh
Jl. Mayor M. Hasibuan No 68. BekasiTimur 17113,
Jawa Barat, Indonesia Telp. 0218800992. Fax. 02188348056
I.
KATA PENGANTAR
Assalamu’álaikum
Wr. Wb
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa, yang telah memberikan segala rahmat serta inayahnya. Sehingga dengan itu
semua kami dapat menyelesaikan Makalah Ilmiah yeng kami beri judul “ IMAN &
TAUHID DALAM KESEHARIAN “. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah untuk
junjungan kita semua Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari alam yang
gelap gulita menuju alam yang terang benderang seperti sekarang ini.
Mengingat dan menimbang pada zaman
yang sudah sangat memprihatinkan ini. Dimana sudah banyak manusia yang
terjerumus oleh kesenangan dunia yang fana semata. Sangat penting bagi kita
untuk bersama-sama membangun kembali mental serta pribadi yang berbudi serta
berakhlakul karimah. Hal itulah yang kami coba kembangkan dengan membuat
makalah
“ IMAN & TAUHID DALAM KESEHARIAN
“. Semoga dengan adanya makalah ini, kita semua dapat mengambil hikmah yang
terkandung didalamnya.
Amin, amin ya Rabbal ‘álamin.
I
II.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
………………………………….. I
DAFTAR
ISI ……………………………………………. II
PEMBAHASAN
BAB I
IMAN
…………………………………………………….. 1
RUANG
LINGKUP IMAN ……………………………. 1
BAB
II
KARAKTERISTIK MANUSIA BERIMAN ………… 2
BAB III
ASMAUL HUSNA DAN
SIFAT – SIFAT ALLAH SWT ………………………… 3
BAB IV TAUHIDULLAH DAN
PEMBAGIANYA ……………………………………….. 11
BAB V
DEFINISI, HAKEKAT DAN DAMPAK
DUA
KALIMAT SYAHADAT ……………………….. 12
PENUTUP ……………………………………………… 13
DAFTAR PUSTAKA ………………………………….. 14
II
III.
PEMBAHASAN
|
BAB I
IMAN
A.
DEFINISI
IMAN
Iman menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia adalah :
1. Kepercayaan (yg
berkenaan dengan agama); keyakinan dan kepercayaan kepada Allah, nabi, kitab,
dsb: -- tidak akan
bertentangan dng ilmu;
2. Ketetapan hati;
keteguhan batin; keseimbangan batin;
Iman menurut para Alim Ulama :
“ Iman itu ucapan dengan lidah dan kepercayaan yang benar
dengan hati dan perbuatan dengan anggota .” Ali Bin Abi Thalib.
Allah SWT berfirman :
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä (#qãYÏB#uä «!$$Î/ ¾Ï&Î!qßuur É=»tFÅ3ø9$#ur Ï%©!$# tA¨tR 4n?tã ¾Ï&Î!qßu É=»tFÅ6ø9$#ur üÏ%©!$# tAtRr& `ÏB ã@ö6s% 4
`tBur öàÿõ3t «!$$Î/ ¾ÏmÏFs3Í´¯»n=tBur ¾ÏmÎ7çFä.ur ¾Ï&Î#ßâur ÏQöquø9$#ur ÌÅzFy$# ôs)sù ¨@|Ê Kx»n=|Ê #´Ïèt/ ÇÊÌÏÈ
136.
Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan
kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah
turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah,
malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari Kemudian,
Maka Sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya. (QS. An-nisa : 136)
B.
RUANG LINGKUP IMAN
Dari beberapa definisi mengenai Iman diatas, maka dapat
kita simpulkan bahwa ruang lingkup Iman itu ialah mencakup akan 2 (dua) hal,
yakni :
-
Keikhlasan
Hati
-
Keteguhan
Diri
1
BAB
II
KARAKTERISTIK
MANUSIA BERIMAN
Berikut adalah 4
(empat) karakteristik manusia beriman, diantaranya :
1.
Bergetar hatinya
apabila mendengar asma Allah dan bertambah Iman mereka saat dibacakan ayat – ayat
Al-Qur’an. Allah berfirman :
$yJ¯RÎ) cqãZÏB÷sßJø9$# tûïÏ%©!$# #sÎ) tÏ.è ª!$# ôMn=Å_ur öNåkæ5qè=è% #sÎ)ur ôMuÎ=è? öNÍkön=tã ¼çmçG»t#uä öNåkøEy#y $YZ»yJÎ) 4n?tãur óOÎgÎn/u tbqè=©.uqtGt ÇËÈ
Artinya
: “ Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama
Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah
iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal “. (QS
Al- Anfal : 2)
2.
Tawakkal,
artinya menyerahkan segala sesuatu hanya kepada Allah semata.
3.
Senantiasa
memohon ampun atas kesalahan – kesalahan yang telah diperbuatnya baik sengaja
maupun tidak disengaja
4.
Selalu berupaya
menjadi manusia yang lebih baik lagi setiap harinya.
2
BAB
III
ASMAUL
HUSNA DAN SIFAT – SIFAT ALLAH SWT
A.
DEFINISI
ASMAUL HUSNA
Artinya nama-nama yang
baik. Nama-nama yang bagus untuk Allah. Jumlahnya ada 99 nama. Di bawah ini
akan di terangkan maksud atau pengertian yang terkandung di masing-masing nama
Allah SWT tersebut :
No.
|
Nama
|
Arab
|
Indonesia
|
الله
|
Allah
|
||
1
|
الرحمن
|
Yang Maha Pemurah
|
|
2
|
الرحيم
|
Yang Maha Penyayang
|
|
3
|
الملك
|
Yang Maha Merajai/Memerintah
|
|
4
|
القدوس
|
Yang Maha Suci
|
|
5
|
السلام
|
Yang Maha Memberi Kesejahteraan
|
|
6
|
المؤمن
|
Yang Maha Memberi Keamanan
|
|
7
|
المهيمن
|
Yang Maha Pemelihara
|
|
8
|
العزيز
|
Yang Maha Perkasa
|
|
9
|
الجبار
|
Yang Memiliki Mutlak Kegagahan
|
|
10
|
المتكبر
|
Yang Maha Megah, Yang Memiliki
Kebesaran
|
|
11
|
الخالق
|
Yang Maha Pencipta
|
|
12
|
البارئ
|
Yang Maha Melepaskan (Membuat,
Membentuk, Menyeimbangkan)
|
|
13
|
المصور
|
Yang Maha Membentuk Rupa
(makhluknya)
|
|
14
|
الغفار
|
Yang Maha Pengampun
|
|
15
|
القهار
|
Yang Maha Memaksa
|
|
16
|
الوهاب
|
Yang Maha Pemberi Karunia
|
|
17
|
الرزاق
|
Yang Maha Pemberi Rezeki
|
|
18
|
الفتاح
|
Yang Maha Pembuka Rahmat
|
|
19
|
العليم
|
Yang Maha Mengetahui (Memiliki
Ilmu)
|
|
20
|
القابض
|
Yang Maha Menyempitkan
(makhluknya)
|
|
21
|
الباسط
|
Yang Maha Melapangkan
(makhluknya)
|
|
22
|
الخافض
|
Yang Maha Merendahkan
(makhluknya)
|
|
23
|
الرافع
|
Yang Maha Meninggikan
(makhluknya)
|
|
24
|
المعز
|
Yang Maha Memuliakan
(makhluknya)
|
|
25
|
المذل
|
Yang Maha Menghinakan
(makhluknya)
|
|
26
|
السميع
|
Yang Maha Mendengar
|
|
27
|
البصير
|
Yang Maha Melihat
|
|
28
|
الحكم
|
Yang Maha Menetapkan
|
|
29
|
العدل
|
Yang Maha Adil
|
|
30
|
اللطيف
|
Yang Maha Lembut
|
|
31
|
الخبير
|
Yang Maha Mengenal
|
|
32
|
الحليم
|
Yang Maha Penyantun
|
|
33
|
العظيم
|
Yang Maha Agung
|
|
34
|
الغفور
|
Yang Maha Pengampun
|
|
35
|
الشكور
|
Yang Maha Pembalas Budi
(Menghargai)
|
|
36
|
العلى
|
Yang Maha Tinggi
|
|
37
|
الكبير
|
Yang Maha Besar
|
|
38
|
الحفيظ
|
Yang Maha Memelihara
|
|
39
|
المقيت
|
Yang Maha Pemberi Kecukupan
|
|
40
|
الحسيب
|
Yang Maha Membuat Perhitungan
|
|
41
|
الجليل
|
Yang Maha Luhur
|
|
42
|
الكريم
|
Yang Maha Mulia
|
|
43
|
الرقيب
|
Yang Maha Mengawasi
|
|
44
|
المجيب
|
Yang Maha Mengabulkan
|
|
45
|
الواسع
|
Yang Maha Luas
|
|
46
|
الحكيم
|
Yang Maha Maka Bijaksana
|
|
47
|
الودود
|
Yang Maha Mengasihi
|
|
48
|
المجيد
|
Yang Maha Mulia
|
|
49
|
الباعث
|
Yang Maha Membangkitkan
|
|
50
|
الشهيد
|
Yang Maha Menyaksikan
|
|
51
|
الحق
|
Yang Maha Benar
|
|
52
|
الوكيل
|
Yang Maha Memelihara
|
|
53
|
القوى
|
Yang Maha Kuat
|
|
54
|
المتين
|
Yang Maha Kokoh
|
|
55
|
الولى
|
Yang Maha Melindungi
|
|
56
|
الحميد
|
Yang Maha Terpuji
|
|
57
|
المحصى
|
Yang Maha Mengalkulasi
(Menghitung Segala Sesuatu)
|
|
58
|
المبدئ
|
Yang Maha Memulai
|
|
59
|
المعيد
|
Yang Maha Mengembalikan
Kehidupan
|
|
60
|
المحيى
|
Yang Maha Menghidupkan
|
|
61
|
المميت
|
Yang Maha Mematikan
|
|
62
|
الحي
|
Yang Maha Hidup
|
|
63
|
القيوم
|
Yang Maha Mandiri
|
|
64
|
الواجد
|
Yang Maha Penemu
|
|
65
|
الماجد
|
Yang Maha Mulia
|
|
66
|
الواحد
|
Yang Maha Tunggal
|
|
67
|
الاحد
|
Yang Maha Esa
|
|
68
|
الصمد
|
Yang Maha Dibutuhkan, Tempat
Meminta
|
|
69
|
القادر
|
Yang Maha Menentukan, Maha
Menyeimbangkan
|
|
70
|
المقتدر
|
Yang Maha Berkuasa
|
|
71
|
المقدم
|
Yang Maha Mendahulukan
|
|
72
|
المؤخر
|
Yang Maha Mengakhirkan
|
|
73
|
الأول
|
Yang Maha Awal
|
|
74
|
الأخر
|
Yang Maha Akhir
|
|
75
|
الظاهر
|
Yang Maha Nyata
|
|
76
|
الباطن
|
Yang Maha Ghaib
|
|
77
|
الوالي
|
Yang Maha Memerintah
|
|
78
|
المتعالي
|
Yang Maha Tinggi
|
|
79
|
البر
|
Yang Maha Penderma (Maha
Pemberi Kebajikan)
|
|
80
|
التواب
|
Yang Maha Penerima Tobat
|
|
81
|
المنتقم
|
Yang Maha Pemberi Balasan
|
|
82
|
العفو
|
Yang Maha Pemaaf
|
|
83
|
الرؤوف
|
Yang Maha Pengasuh
|
|
84
|
مالك الملك
|
Yang Maha Penguasa Kerajaan
(Semesta)
|
|
85
|
ذو الجلال
و الإكرام
|
Yang Maha Pemilik Kebesaran dan
Kemuliaan
|
|
86
|
المقسط
|
Yang Maha Pemberi Keadilan
|
|
87
|
الجامع
|
Yang Maha Mengumpulkan
|
|
88
|
الغنى
|
Yang Maha Kaya
|
|
89
|
المغنى
|
Yang Maha Pemberi Kekayaan
|
|
90
|
المانع
|
Yang Maha Mencegah
|
|
91
|
الضار
|
Yang Maha Penimpa Kemudharatan
|
|
92
|
النافع
|
Yang Maha Memberi Manfaat
|
|
93
|
النور
|
Yang Maha Bercahaya (Menerangi,
Memberi Cahaya)
|
|
94
|
الهادئ
|
Yang Maha Pemberi Petunjuk
|
|
95
|
البديع
|
Yang Maha Pencipta Yang Tiada
Bandingannya
|
|
96
|
الباقي
|
Yang Maha Kekal
|
|
97
|
الوارث
|
Yang Maha Pewaris
|
|
98
|
الرشيد
|
Yang Maha Pandai
|
|
99
|
الصبور
|
Yang Maha Sabar
|
BAB
IV
TAUHIDULLAH
DAN PEMBAGIANYA
A.
DEFINISI
TAUHID
Dari
segi bahasa ‘mentauhidkan sesuatu’ berarti ‘menjadikan sesuatu itu esa’. Dari
segi syari’ tauhid ialah ‘mengesakan Allah didalam perkara-perkara yang Allah
sendiri tetapkan melalui Nabi-nabi Nya. Pensyariatan Tauhid :
إِلاَّلِيَعْبُدُونِ وَاْلإِنسَ الْجِنَّ وَمَاخَلَقْتُ
“Dan tidaklah Kami ciptakan jin dan manusia kecuali untuk
beribadah kepada Ku”
B.
JENIS – JENIS TAUHID
Pembagian Tauhid
• Tauhid Al-Uluhiyyah,
mengesakan Allah dalam ibadah, yakni beribadah hanya kepada Allah dan karenaNya
• Tauhid Al-Uluhiyyah,
mengesakan Allah dalam ibadah, yakni beribadah hanya kepada Allah dan karenaNya
semata.
• Tauhid Ar-Rububiyyah,
mengesakan Allah dalam perbuatan-Nya, yakni mengimani dan meyakini bahwa hanya
• Tauhid Ar-Rububiyyah,
mengesakan Allah dalam perbuatan-Nya, yakni mengimani dan meyakini bahwa hanya
Allah yang mencipta, menguasai dan mengatur
alam semesta ini.
• Tauhid Al-Asma' Was-Sifat,
mengesakan Allah dalam asma dan sifat-Nya, artinya mengimani bahwa tidak ada
• Tauhid Al-Asma' Was-Sifat,
mengesakan Allah dalam asma dan sifat-Nya, artinya mengimani bahwa tidak ada
makhluk yang serupa dengan Allah, dalam
dzat, asma maupun sifat.
C.
APLIKASI TAUHID
Pengucapan kalimat tauhid dengan lisan belaka tidaklah cukup karena ia mempunyai konsekuensi yg mesti di tunaikan. Para ulama menegaskan bahwa mengesakan Allah adalah dengan meninggalkan perbuatan syirik baik kecil maupun besar.
Pengucapan kalimat tauhid dengan lisan belaka tidaklah cukup karena ia mempunyai konsekuensi yg mesti di tunaikan. Para ulama menegaskan bahwa mengesakan Allah adalah dengan meninggalkan perbuatan syirik baik kecil maupun besar.
11
BAB
V
DEFINISI,
HAKEKAT DAN DAMPAK
DUA
KALIMAT SYAHADAT
A. DEFINISI
SYAHADAT
Artinya
: “ Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi Muhammad
adalah utusan Allah “
Syahadat
adalah persaksian, belumlah dikatakan persaksian apabila belum terdapat
didalamnya 3 (tiga) hal berikut :
1. Pengetahuan
yang cukup untuk membenarkan apa yang kita persaksikan.
2. Mengucapkan
dengan lisan dan membenarkan dalam hatinya.
3. Menyampaikan
persaksian tersebur terhadap yang lain.
B.
HAKEKAT
SYAHADAT
Belum
dikatakan beriman seseorang apabila ia tidak mengerti betul akan apa yang ia
ucapkan (dua kalimat syahadat) sehari semalam dalam shalatnya. Pada hakekatnya
syahadat ialah satu bentuk permulaan untuk menggapai keridhaan Allah SWT,
karena syahadat adalah rukun islam yang pertama. Setelah seseorang mengucapkan
dua kalimat syahadat, maka islamlah ia, dan ia diwajibkan untuk menjalankan
rukun Islam yang selanjutnya.
C.
DAMPAK
SYAHADAT
Berikut
beberapa dampak dari syahadat, diantaranya :
1. Berpegang
teguh dengan ajaran Allah dan Rasulnya
2. Tercermin
pribadi yang luhur
3. Jauh
dari perilaku membangkang terhadap perintah Allah dan Rasulnya,
12
IV.
PENUTUP
|
Demikianlah
makalah ini kami buat sebagai bahan pembelajaran sederhana guna mengembangkan
pengetahuan serta ketakwaan kita kepada Allah SWT.
Kami
mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik dalam hal isi maupun redaksional.
Sesungguhnya kebenaran hanya dating dari Illahi Rabbi semata, tidak ada
keraguan untuk kita meyakininya. Jazzakumullah khairun katsira.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
13
BAB
VI
DAFTAR
PUSTAKA
1.
Al-Qur’an
2.
Al-Hadits
Bukhari Muslim
Tidak ada komentar:
Posting Komentar